8 Tips Lebih Efektif Mengatur Waktu di Tempat Kerja

By Steffi Teowira, 6 years ago

Waktu adalah uang. Literally. Dari sisi perusahaan, kemampuan mengatur waktu akan meningkatkan kinerja pegawai dan berpengaruh langsung pada produktivitas perusahaan. Dari sisi pegawai sendiri, piawai mengatur waktu akan mempengaruhi keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Jika Anda sering terlambat masuk kantor atau melewatkan deadline, bisa-bisa pekerjaan Anda malah terancam. 

Bicara manajemen waktu, konsep work smarter selalu lebih unggul dibanding work harder, jadi praktikkan tips-tips di artikel ini agar Anda selalu ‘bergelimang’ waktu di tempat kerja.

1. Buat Jadwal



Di pagi hari atau semalam sebelumnya, rencanakan apa saja yang akan Anda lakukan untuk keesokan hari, sesuai prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Buat sebuah to-do list dan periksa progress Anda sepanjang hari.

2. Mulailah Lebih Awal
Mulailah dengan datang tepat waktu dan langsung bekerja segera setelah tiba di kantor. Waktu yang Anda buang-buang bersantai setengah jam akan Anda bayar di penghujung hari. Jangan sampai Anda terpaksa lembur hanya karena tidak memulai lebih awal.

3. Belajar Memprioritaskan Yang Terpenting



Selalu selesaikan porsi pekerjaan terpenting dan yang paling menghabiskan waktu dan energi di awal hari. Setelah selesai, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah.

4. Fokus Pada Satu Hal
Ketika Anda mengerjakan sesuatu, fokus saja pada satu pekerjaan itu. Bagaimana bila Anda perlu melakukan hal yang mengharuskan Anda mengerjakan beberapa hal sekaligus, alias multitasking? Misalnya, untuk menulis sebuah laporan, daripada berganti-gantian browsing, menulis, browsing, menulis, lebih baik selesaikan browsing dan mengumpulkan semua materi yang Anda butuhkan, kemudian fokus pada menulis laporan, agar titik fokus Anda terjaga.


Next

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us