4 Tips Untuk Tampak Lebih Aktif Saat Meeting

By Steffi Teowira, 5 years ago
3Buka Suara
Manfaatkan catatan yang Anda buat tadi dan tanyakan dengan sopan jika ada bagian yang kurang Anda pahami atau sampaikan pendapat Anda sendiri jika Anda merasa ada porsi presentasi yang tadi tidak disampaikan dengan jelas. Ini akan menunjukkan bahwa Anda menuangkan perhatian selama rapat berlangsung. Pastikan agar kontributor utama telah selesai menyampaikan isi presentasi agar Anda tidak memotong pembicaraan. Jangan takut bertanya karena khawatir melontarkan 'pertanyaan bodoh', karena percayalah, jika pertanyaan tersebut terlintas di pikiran Anda, pasti ada minimal satu orang lainnya yang mempertanyakan hal yang sama. 

4. Awasi Bahasa Tubuh Anda
Mengetuk-ngetukkan jemari ke meja, memainkan pulpen, atau menyenderkan kepala ke tangan mengirimkan kesan bahwa Anda sedang bosan dan tidak berniat aktif berpartisipasi dalam meeting. Selain itu, jangan membungkuk atau duduk bersandar terlalu santai karena ini adalah tanda-tanda kalau Anda tidak tertarik mendengarkan topik yang dibicarakan kontributor. Berbisik-bisik dengan kolega di samping Anda, selain tidak sopan juga mengganggu suasana rapat.

Jika Anda sering menerapkan tips-tips ini, lama-kelamaan, Anda akan terbiasa untuk aktif menyumbangkan pendapat dan ide dalam meeting. Semakin aktif partisipasi Anda, semakin cepat Anda akan memperoleh respek dari kolega dan perhatian atasan.


BACA JUGA:

5 Trik untuk Terlihat Percaya Diri Meski Sebenarnya Tidak

3 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari Saat Meeting

6 Tips Menghilangkan Grogi Menjelang Presentasi


Previous

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us