Bolehkah Menolak Tugas Yang Diberikan Atasan?

By Steffi Teowira, 6 years ago
Banyak rekan Qerja tentu pernah mendapatkan tugas langsung dari sang atasan. Bagaimana rasanya? Bangga karena dipercayakan untuk mengerjakan sesuatu oleh beliau? Atau malah panik karena berbagai alasan? Dan jika ada hal-hal yang membuat Anda ragu dapat menyelesaikannya dengan baik, bolehkah menolak pekerjaan yang diberikan oleh sang bos?

Sebetulnya jika alasan yang Anda berikan masuk akal dan ditambah atasan Anda sendiri juga individu yang rasional, tentu tidak apa-apa menolak jika Anda menjelaskannya dengan baik terlebih dulu. Walau begitu, jika Anda blak-blakan mengatakan "tidak bisa" dengan alasan-alasan seperti tidak punya waktu atau tugas yang diberikan terlalu sulit, Anda berisiko tampak malas atau tidak kompeten atau bahkan keduanya sekaligus. Lagipula, Anda perlu hati-hati karena walaupun atasan akhirnya batal memberi Anda tugas, bisa jadi lain kali Anda akan dilewatkan untuk proyek-proyek menarik.

Pada umumnya, satu-satunya trik ampuh adalah dengan tidak menolak secara eksplisit, yaitu dengan memilih kata-kata yang tepat. Walaupun sering kali ujungnya Anda masih harus menyelesaikan tugas tersebut, setidaknya dengan mempraktikkan beberapa tips di artikel ini, Anda dapat memperoleh keringanan atau alternatif lain yang memudahkan Anda dalam bekerja. Bos senang, Anda pun dapat membuktikan diri sebagai pegawai yang bertanggung jawab.

Lain kali Anda berpikir-pikir untuk menyerah dan menolak pekerjaan dari atasan, coba pertimbangkan dulu beberapa situasi dan alasan di bawah ini.


1. Anda Tidak Punya Waktu

Next

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us