Gagal Fokus Bikin Pekerjaan Terbengkalai, Ini Cara Mengatasinya

By Hesti Pratiwi, 6 years ago

Fokus adalah keterampilan yang diperlukan untuk semua hal penting dalam hidup, terutama dalam karier. Dalam pekerjaan, fokus sangat dibutuhkan mulai dari hal-hal kecil hingga saat mengerjakan proyek besar. Dari mulai mengirim email (ya, tata bahasa dan menghindari typo sangat penting bagi citra profesional Anda), mendengarkan instruksi atasan, mengatur jadwal hari ini sampai menyelesaikan proyek-proyek kecil maupun besar dengan baik dan tepat waktu.

Sayangnya, bagi banyak dari kita, fokus atau konsentrasi adalah hal yang mudah terpecah. Internet bisa menjadi biang keladi utama. Meski banyak keuntungan, internet harus diakui dapat membuat kemampuan untuk berkonsentrasi menjadi gampang terpecah. Terutama bagi orang-orang yang hobi mengakses media sosial. Bila dibiarkan, hal sepele ini bisa berujung kepada kewalahan dengan pekerjaan.

Kabar gembiranya, kemampuan fokus dan konsentrasi merupakan sebuah keterampilan. Nah, seperti banyak keterampilan lainnya, hal ini dapat diasah. Berikut  beberapa latihan secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan fokus dalam beragam situasi (termasuk di ruangan yang berisik sekalipun):

Cari atau ciptakan lingkungan yang tidak mengganggu

Hal ini mungkin tampak seperti saran yang jelas, tetapi apakah Anda sudah benar-benar mencobanya? Pertama, identifikasi akar penyebab gangguan Anda. Apakah Anda terlalu tergiur dengan notifikasi games, messenger, hingga media sosial di ponsel Anda? Apakah Anda sering kesulitan tidur malam harinya? Apakah Anda sudah mencoba untuk memiliki cukup tidur, mengambil istirahat makan siang yang lebih pendek, mematikan notifikasi tersebut?

Kenali pula kapan waktu tubuh Anda dalam keadaan paling prima sepanjang hari. Bisa datang lebih pagi, dan memulai pekerjaan saat kantor masih tenang. Atau Anda tipe yang baru bisa fokus setelah jam sepuluh, dan setidaknya sudah menghabiskan dua cangkir kopi?  Setelah mengenali hal itu, akan lebih mudah menciptakan suasana yang bebas dari semua gangguan yang bisa mengganggu fokus Anda.

Meditasi

Manfaat meditasi telah banyak diakui. Sebagai praktik, ini adalah cara ampuh membebaskan pikiran dari gangguan. Bila belum biasa mungkin akan terasa aneh dan sulit, maka perlu latihan bertahap. Mengosongkan pikiran perlu latihan secara teratur untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk membebaskan diri dari gangguan, dan mempertahankan pikiran yang jernih dalam situasi stres. Tak ada waktu mengikuti kelas Yoga? Latihan saja sendiri teknik pernapasannya sebelum tidur atau pada saat bangun pagi. Tak perlu gerakan-gerakan khusus, hanya perlu mengosongkan pikiran dengan bernapas lambat-lambat.


Next

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us