Halo Fresh Graduates, Ini Cara Bijak Mengatur Gaji Pertamamu

By Hesti Pratiwi, 5 years ago

Semakin  awal memulai, akan semakin baik, sebab  Anda memiliki keuntungan bunga jangka panjang. Pilih saja yang sesuai dengan Anda, bisa cicilan logam mulia, atau Reksadana.

Disiplin menabung sejak awal

Konsepnya sama dengan investasi. Anggap sebagai latihan, tidak perlu jumlah yang besar jika itu justru akan membuat Anda kesulitan keuangan sehari-hari. Triknya, disisihkan saat gaji diterima. Sama seperti investasi, saat gaji menjadi Anda lebih baik, nominal uang yang ditabung yang harus ditingkatkan lebih dulu, bukan gaya hidup.

Intinya, menabung bukan untuk menjadi kaya, tapi memiliki jumlah uang yang dibutuhkan saat kepepet. Mungkin kalau jumlahnya makin besar, Anda bisa membeli barang mewah melalui dana yang tersisih ini. Dengan begitu, Anda tak akan dipusingkan dengan cicilan bulanan.

Hitung kebutuhan pokok yang harus dipenuhi

Gaji yang Anda terima juga harus bisa mencukupi hingga akhir bulan. Hitung kebutuhan seperti transport, makan, atau biaya sewa tempat tinggal (jika memang harus kos). Ini harus dihitung cermat. Dan pastikan jumlah tersebut tidak terpakai untuk hal lain. Jika tidak, Anda akan terpaksa mencari pinjaman, atau meminta uang kembali kepada orangtua. Kalau yang kedua terjadi, kapan bisa mandirinya?

Ada trik kuno yang bisa diterapkan, sediakan saja empat amplop. Masing-masing amplop untuk biaya transport dan makan satu minggu. Nah, satu amplop dibuka hanya di awal minggu. Atau hanya menarik saldo tabungan di ATM satu minggu sekali, lebih tidak.

Berapa pun uang yang tersisa dari potongan biaya hidup, investasi, dan tabungan, itu adalah dana yang bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang, merawat diri, atau belanja. Jika ingin gadget baru, mungkin bukan sekarang saatnya. Bersabarlah. Ingat kebutuhan kita yang ciptakan. Kegagalan mengatur keuangan bisa menjadi sumber stres, yang bisa memengaruhi kinerja lho. Nanti bagaimana bisa memperoleh posisi dengan gaji dan tunjangan yang bagus, kalau perfoma di bawah standar. Selamat berhemat.

Foto: Pixabay


Previous

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us