Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengambil S2?

By Steffi Teowira, 5 years ago
Ada banyak alasan mengapa seseorang mempertimbangkan mengambil S2. Persepsi umumnya adalah gelar S2 akan mendukung perkembangan karier, dan pandangan ini didukung temuan dari Georgetown University yang mengungkapkan bahwa untuk beberapa jurusan, terutama teknologi dan sains, ada peningkatan cukup signifikan untuk gaji lulusan S2 dibanding hanya S1.

Tentu saja pintu peluang kerja juga terbuka semakin lebar dengan gelar S2 di tangan, namun lebih dari sekedar cara untuk menunjang karier, sebuah gelar S2 juga akan memperkaya pola pikir dan pengalaman Anda.

Katakanlah Anda sudah mantap memutuskan mengambil jalur S2. Apakah akan diambil langsung setelah lulus atau bekerja dulu? Keduanya punya kelebihan tersendiri. 

Mengapa memilih menunggu?

1. Lebih yakin

Ketika Anda memasuki dunia kerja, Anda akan menghadapi kesibukan dan menjumpai berbagai peluang yang berkemungkinan mengubah minat Anda. Di kemudian hari, Anda mungkin akan tetap mengambil S2, tapi dengan jurusan berbeda. Tidak ada salahnya mengambil sedikit waktu untuk menetapkan hati.

2. Siap secara finansial

Bekerja dan menabung sendiri untuk mengambil S2 memungkinkan Anda untuk menjadi mandiri secara finansial dan bebas untuk memilih program yang sesuai harapan.

3. Diperkaya pengalaman kerja

Next

Subscribe to our newsletter

Get latest tips for your career by subscribe to our newsletter



Read This Next



Tweets
Follow Us